Tuesday, October 2, 2012

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

Dari keterangan dan penjelasan di atas, kita dapat mengambil beberapa hikmah dari beriman kepada hari akhir antara lain sebagai berikut:

a.       Hidup di dunia hanya sementara
Allah berfirman dalam surah An-aaaaNisa’ ayat 77 sebagai berikut:

Artinya: “Katakanlah: Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun. ”
Orang yang beriman kepada hari akhir akan memanfaatakn hidup di dunia ini untuk senantiasa beramal saleh (kebaikan), karena mereka menyadari bahwa kehidupan di dunia inidengan segala kesenangan dan kenikmatannya hanyalah bersifat sementara.
b.      Bertindak dengan penuh perhitungan
Orang yang beriman kepada hari akhir dalam melakukan setiap perbuatan senantiasa memperhitungkan dan menyadari balasan dan diperlihatkan kepadanya, akhirnya ia menjauhi perbuatan maksiat. Allah berfirman sebagai berikut:

Artinya: “Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Az-Zalzalah: 7-8)
c.       Berada dalam kebenaran
Orang yang beriman kepada hari akhir ia merasa berada dalam lindungan Allah SWT. Selain itu, ia dijauhkan dari kesesatan, karena ia berada dalam kebenaran Allah SWT. Ia tahu bahwa orang yang tidak beriman kepada hari akhir berada dalam siksaan dan kesesatan. Sebagaimana firman Allah dalam surah Saba’ ayat 8 sebagai berikut:

Artinya: “Apakah ia mengada-adakan kebohongan terhadap Allah, ataukah ada padanya penyakit gila? (Tidak), tetapi orang-orang yang tidak beriman kepada negeri akhirat berada dalam siksaan  dan kesesatan yang jauh.”
d.      Memperoleh keuntungan ganda
Orang yang beriman kepada hari kiamat akan memperoleh dua keuntungan, yaitu keuntungan di dunia dan keuntungan di akhirat. Dengan dekian hidup kita lebih optimis dan giat bekerja serta giat belajar agar memperoleh dua kebahagiaan tersebut. Allah berfirman dalam Asyi-Syura’ ayat 20 sebagai berikut:

Artinya: “Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagian pun di akhirat.”
Post a Comment